About Us

WISATA ALAM DAGO
Binaan LPPM IPB University

Selain terkenal dengan Puncak dan wisata air terjun, Bogor memiliki bukit yang indah. Salah satunya ialah keindahan panorama gunung dago parung panjang Bogor. Wisata gunung dago terletak di desa Dago, Cikuda Wanaherang, Parung Panjang, kota Bogor Jawa Barat.

Tempat wisata ini bisa dibilang cukup baru di kota Bogor, sebab baru diresmikan kira-kira tahun 2019 kemarin. Sebenarnya kawasan wisata alam Gunung Dago ini berada di lahan milik Perhutani. Kemudian diserahkan kepada warga untuk dikelola lewat Lembaga Masyarakat Desa dan rimba (LMDH) sebagai kawasan wisata.
Luas wilayahnya pun terhitung cukup besar yaitu kira-kira 10 hektar. Ekosistem di kawasan ini pun termasuk terjaga dengan baik oleh pihak pengelola kawasan wisata.
Tempat wisata Gunung Dago ini sangat cocok bagi anda yang ingin datang bersama dengan keluarga dan teman. Tempat wisata ini memiliki banyak fasilitas diantaranya ada villa, saung, kampung adat, wahana ATV, spot foto yang indah, menyediakan sepeda ontel , tempat mainan anak anak dan lain-lain.
Saya sangat merekomendasikan anda untuk mengambil foto di spot foto disana. Dengan latar belakang pegunungan yang hijau akan membuat foto anda lebih bagus lagi.
Daya tarik lainnya dari objek wisata yang tersedia di Parung Panjang ini adalah adanya kampung kebiasaan yang bisa kalian kunjungi. Tentunya hal ini jadi destinasi wisata yang lain berasal dari pada yang lain karena mengusung juga konsep wisata budaya sekitar.
Bagi anda yang menyukai alam, dan ingin menghabiskan satu malam di alam, anda bisa juga camping di tempat ini. Tak perlu khawatir jika anda tidak memiliki peralatan Camping, karena di tempat ini menyediakan sewa alat-alat untuk camping.
Anda bisa mengunjungi wisata alam gunung Dago di hari Senin – Jumat pada jam 07:30-17:00 dan di hari Sabtu-Minggu pada jam 06:30-17:00.
Lokasi wisata Gunung Dago ini bisa dilalui lewat akses jalan besar diantaranya yaitu melalui kota Tangerang atau kota Bogor. Kemudian anda bisa langsung menuju ke lokasi Parung Panjang dan selanjutnya menuju ke desa Dago.
Sesampainya di lokasi wisata Gunung Dago anda harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke puncak Gunung Dago. Jaraknya pun cukup menguras tenaga yakni sekitar sejauh 1 kilometer.
Namun, jika anda tidak ingin capek harus berjalan kaki untuk bisa sampai menuju ke lokasi. Anda bisa menyewa satu jeep yang siap mengantar anda untuk naik turun dari Gunung Dago.
Biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa jasa ini sekitar 10 ribu rupiah per orangnya.
Untuk harga tiket masuk ke Wisata Alam ini cukup murah, hanya dengan membayar Rp. 10.000/orang anda bisa menikmati indahnya pemandangan dan udara yang cukup sejuk.

 

dikutip dari https://kumparan.com/

Follow us on